Monday 30 December 2013

PROPOSAL BANTUAN PENINGKATAN KARIER PTK SMP MELALUI MGMP SMP TAHUN 2013




 



PROPOSAL


BANTUAN PENINGKATAN KARIER PTK SMP
MELALUI MGMP SMP TAHUN 2013




MGMP IPA KAB.  MAJENE

1.    ALAMAT                               : SMP NEGERI 2 MAJENE
  JL. AP. PETTARANI NO 2 MAJENE
  KECAMATAN BANGGAE  TIMUR
  KABUPATEN MAJENE
  PROVINSI SULAWESI BARAT
 
2.    NAMA KETUA MGMP        : SAIFUDDIN, S.Pd, M.Pd
3.    NO.  HP                               : 085256096xxx
4.    NO. REKENING MGMP      :
5.    NO.  NPWP MGMP             : 00.914.815.6-813.000





TAHUN 2013

BAB  I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup negara dan bangsa karena pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Mutu pendidikan salah satunya akan sangat dipengaruhi oleh kualitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Artinya bahwa peran pendidik dan tenaga kependidikan merupakan faktor yang signifikan dalam peningkatan mutu pendidikan. Dengan segala kemampuan yang dimiliki, mereka berpartisipasi aktif dalam menyelenggarakan proses pendidikan dengan peran antara lain sebagai fasilitator, motivator, pemacu, pemberi inspirasi belajar maupun sebagai pelayanan administrasi pendidikan .
Karena sesuai  Undang - Undang Republik Indonesia  Nomor 20 Th. 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak peserta didik yang bertanggung jawab. Pendidikan juga membentuk peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis. Disamping itu Pemerintah Pusat dan pemerintah daerah wajib memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu bagi setiap warga negara tanpa diskriminasi melalui kegiatan MGMP.
Pencanangan Kabupaten Majene sebagai pusat pendidikan di Sulawesi Barat, menuntut kerja keras para stek holder di daerah ini untuk berbenah diri. Sebagai pusat pendidikan, maka para tenaga pendidik dan kependidikan menjadi ujung tombak dalam merealisasikan impian tersebut. Olehnya itu, peran kerja sama guru dalam bentuk Musyawartah guru mata pelajaran (MGMP)akan menjadi power akselerasi. Dengan adanya kegiatan MGMP dapat mengantisipasi tuntutan perkembangan/pembaharuan pendidikan, peningkatan relevansi materi dengan pengembangan yang cukup cepat, agar keterpaduan sistem agar ada keragaman gerak dan kegiatan serta untuk mempermudah kegiatan pembinaannya maka perlu ada kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) khususnya Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan alam.
Tenaga pendidik yang profesional dapat terwujud jika dilakukan pengembangan-pengembangan terhadap tugas dan fungsinya sebagai tenaga pendidik. Salah satu upaya untuk mewujudkan tenaga pendidik yang professional  adalah dengan melaksanakan kegiatan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah dalam bentuk penelitian Tindakan Kelas, dan pemantapan pelaksananaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.
Melalui wadah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) diharapkan adanya interaksi sesama guru untuk mengkaji, merangsang, dan mengembangkan suatu strategi pembelajaran berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sehingga dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukan akan mengarahkan anak didiknya belajar secara bermakna.
Dengan demikian upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten Majene dapat berproses dengan baik melalui pemenuhan kebutuhan akan tenaga kependidikan yang berwawasan luas,  terampil dan memiliki pengetahuan dan metode pembelajaran yang dapat diandalkan.


B.   Dasar Hukum

1.    UU RI No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.    UU RI No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen
3.    PP RI No.19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4.    Permendiknas No. 22/2006 tentang Standar Isi
5.    Permendiknas No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
6.    Permendiknas No. 16/2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
7.    Permendiknas No. 19/2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan
8.    Permendiknas No. 20/2007 tentang Standar Penilaian
9.    Keputusan Kadis Pendidikan Kab. Majene  tentang pengangkatan pengurus NGMP IPA Kab. Majene Tahun 2012
10. Program Kerja P2TK Dikdas Tentang Pemberian Bantuan Pengembangan Karir PTK Dikdas Melalui MGMP.

C.   Tujuan
1.    Untuk membekali peserta secara bertahap dengan kemampuan profesional agar mampu merancang dan mengembangkan penelitian di demi kemajuan kegiatan pembelajaran yang mengacu pada pelaksanaan Kurikulum 2013
2.    Untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan Proses belajar mengajar secara utuh terkhusus mata pelajaran IPA.

D.   Sasaran
Yang menjadi sasaran dari kegiatan ini adalah guru-guru IPA SMP Negeri dan Sekolah Satu Atap di Kabupaten majene yang terhimpun dalam MGMP IPA Kabupaten Majene.



E.   Hasil yang Diharapkan

1.    Peserta dapat memahami isi kurikulum 2013
2.    Peserta dapat memahami berbagai peraturan dan kebijakan  yang berkaitan dengan pembinaan dan peningkatan profesionalisme guru.
3.    Memahami tentang metodologi penelitian
4.    Peserta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam membuat dan menghasilkan solusi terhadap permasalahan dalam pembelajaran yang efektif.
5.    Peserta mampu merangsang dan mengembangkan suatu model pembelajaran yang lebih baik, dengan mengacu pada Kurikulum 2013.
6.    Peserta mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
7.    Peserta mampu menyusun laporan hasil penelitian
8.    Peserta dengan latar belakang ipa biologi dapat mengetahui cara melaksanakan praktikum fisika
9.    Peserta dengan latar belakang ipa fisika dapat mengetahui cara melaksanakan praktikum Biologi.

F.    Manfaat

1.    Untuk siswa dapat meningkatkan prestasi belajar dalam upaya mencapai standar ketuntasan belajar minimal yang telah ditetapkan.
2.    Untuk guru dapat meningkatkan strategi pelaksanaan proses pembelajaran di kelas guna mencapai hasil yang maksimal.
3.    Untuk kepala sekolah dapat melaksanakan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penerapan, evaluasi/monitoring terhadap kegiatan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas dan sebagai bahan evaluasi pada kegiatan selanjutnya.

G.   Dampak

1.    Peningkatan keprofesionalan dan kemampuan guru dalam memecahkan persoalan dalam pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
2.    Shering pengalaman dan umpan balik antara anggota MGMP
3.    Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta kinerja anggota MGMP dalam melaksanakan pembelajaran secara profesional.
4.    Meningkatnya prestasi siswa khususnya pada mata pelajaran IPA.

BAB II
DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM DAN KEGIATAN MGMP SELAMA SATU TAHUN TERAKHIR

Deskripsi pelaksanaan selama ini dilaksanakan oleh guru  SMP mata pelajaran IPA Fisika dan IPA Biologi yang dilaksanakan di Sanggar MGMP bertempat SMP Negeri 2 Majene. Jalan A.P.Pettarani   Kabupaten Majene
Kegiatan MGMP IPA diikuti oleh pengurus dan anggota MGMP IPA. Peserta dari Sekolah Negeri yang ada di kabupaten Majene. Strategi pelaksanaan kegiatan menggunakan multi metode antara lain dengan cara brainstorming untuk menghadpi masalah yang memerelukan pemecahan masalah dengan segera, ceramah dan tanya jawab interaktif digunakan  dalam memahami konsep yang relatif sukar tetapi ada anggota yang sudah pernah memperolehnya. Sementara diskusi digunakan untuk memecahkan masalah yang timbul dalam pemahaman sesuatu yang belum menemukan  titik kesamaan persepsi dan workshop digunakan untuk merealisasikan pemahaman konsep yang telah menemukan titik temu, selain untuk menghasilkan perangkat pembelajaran sebagai bukti pelaksanaan kegiatan MGMP IPA Kabupaten majene.
Deskripsi hasil kegiatan dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA selama 1 tahun terakhir sebagai berikut:

A.   Deskripsi Program satu tahun Terakhir
Adapun program Yang Telah Dilaksanakan adalah pengembangan perangkat pembelajaran yang terdiri dari:
1.    Sosialisasi KTSP
2.    Pengembangan silabus
3.    Pengembangan RPP berkarakter
4.    Pembuatan kelengkapan RPP
5.    Pembuatan Artikel/Jurnal
6.    Pembuatan PTK
7.    Pembuatan LKS
8.    Pembahasan Soal UN 2013

Tujuan Kegiatan tersebut adalah
1.    Meningkatkan kompetensi guru dalam rangka menambah pengetahuan dan keterampilan  dalam melaksanakan pembelajaran di kelas
2.    Memotivasi para guru untuk meningkatkan kinerja mengajar
3.    Merumuskan suatu hasil musyawarah sebagai satu acuan  dalam kegiatan mengajar
4.    Shering informasi kepada sesama guru mata pelajaran IPA se Kabupaten Majene.

Pertemuan rutin MGMP IPA Kabupaten Majene dilaksanakan selama 8 hari dengan jumlah peserta 45 orang. Biaya pelaksanaan kegiatan MGMP-IPA Kabupaten Majene Tahun 2012 bersumber dari P2TK Dikdas 2012.
Dana digunakan untuk membiayai pelaksanaan kegiatan antara lain: ATK, Konsumsi, Transportasi dan dokumentasi. Rp. 28.000.000,- (Dana P2TK Dikdas 2012). Adapun uraian penggunaan dana sebagai berikut:
Ketua MGMP IPA


Saifuddin, S.Pd., M.Pd


B.   Rincian pengeluaran dana
Rincian Penggunaan Dana MGMP IPA Tahun 2012 sebagai berikut:
Tabel. 1. Rincian penggunaan dana MGMP IPA 2012
NO
Jenis Kegiatan
Valume
Jumlah
Satuan
Jumlah
(RP)
(RP)
(RP)

I
Persiapan




1. Penyusunan Proposal
1
500,000.00
500,000.00

Jumlah


500,000.00
II
Pelaksanaan Program




1. Transport




     * PJPP
1
1,000,000.00
1,000,000.00

     * Narasumber
4
200,000.00
800,000.00

     * Fasilitator
2*8 hari
70,000.00
1,120,000.00

     * Peserta
45
160,000.00
7,200,000.00

     * Panitia
4*8 hari
60,000.00
1,920,000.00

2. Honor




     * Narasumber
4
350,000.00
1,400,000.00

     * Fasilitator
2*8 hari
100,000.00
1,600,000.00

     * Panitia
4*8 hari
50,000.00
1,600,000.00

Jumlah


16,640,000.00
II
2. Komsumsi




     * Snack
45*2*8 hari
3,000.00
2,160,000.00

      * Makan Siang
 45* 8 hari
10,000.00
3,600,000.00

Jumlah


5,760,000.00
III
3. ATK




    @ Kertas HVS 70 Gram
4 rim
45,000.00
180,000.00

    @ Kertas HVS 60 Gram
1 rim
40,000.00
40,000.00

    @ Map dan Buku+Pengaris+Pulpen
45 buah
20,000.00
900,000.00

    @ Spindol Whiteboard
1 dos

40,000.00

    @ Tinta Komputer
2 buah
35,000.00
70,000.00

    @ Karton Manila
30
2,000.00
60,000.00

    @ Kertas Bergaris
2 rim

80,000.00

    @ Piagam
50  lbr
10,000.00
500,000.00

    @ Penggandaan

180,000.00
180,000.00
Jumlah


2,050,000.00
IV
Loparan dan Pemantauan Internal




1. Pemantauan Internal
3
350,000.00
1,050,000.00

2. Laporan
1
500,000.00
500,000.00
Jumlah 

1,550,000.00
V
Diseminasi Hasil Kegiatan

1000000
1,000,000.00

Seminar
1
1,500,000.00
1,500,000.00
Jumlah


1,500,000.00
Jumlah Keseluruhan

28,000,000.00


C.   Hasil Kegiatan Tahun 2012
1.       Setiap guru memiliki acuan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran seperti silabus yang mengacu pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan
2.       Setiap guru memilik perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP dan sistem penilaian sebagai lampiran di dokumen II pada  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
3.       Setiap guru mengetahui dan memiliki referensi pembuatan PTK, Artikel dan LKS.
Sebagai pertanggungjawaban terhadap pelaksanaan kegiatan MGMP IPA Kabupaten majene, maka seluruh kegiatan mulai dari absensi, kontribusi anggota, topik, materi bahasan, serta nara sumber yang mengampu dicatat dalam administrasi kegiatan MGMP IPA Kabupaten Majene
Khusus mengenai pertanggungjawaban keuangan  dibukukan dalam buku kas dana masuk dan keluar.Penggunaan dana dilaporakan secara transparan dan akuntabel kepada seluruh anggota MGMP IPA Kabupaten Majene

Adapun Bukti Pelaksanaan Kegiatan antara lain:
a.    Foto kegiatan,  terlampir       .
b.    Hand-out hasil kegiatan, terlampir
c.    Absen peserta, terlampir


BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM

A.   PROGRAM KEGIATAN

1.     Tempat dan Waktu
Pelaksanaanprogram direncanakan diaksanakan di SMP Negeri 2 Majene dan SMP Negeri 3 Majene sebagai sekolah yang ada di Kota Kabupaten Majene

2.     Bentuk, Metode dan Pola  Kegiatan

Rencana pelaksanaan kegiatan MGMP IPA Kabupaten Majene berbentuk Workshop penulisan PTK, dan sosialisasi Kurikulum 2013. Workshop akan menggunakan strategi brainstorming, ceramah dan tanya jawab interaktif, diskusi, workshop dan simulasi. Kegiatan dilksanakan dengan pola 80 jam yang dilakasanakan selama 8 hari mulai pagisampai sore hari

3.     Struktu Program
Adapun struktur program pelaksanaan Workshop MGMP IPA seperti pada tabel1 berikut:

Tabel 2: Struktur program workshop MGMP IPA Kab. Majene

NO
MATERI PELATIHAN
ALOKASI WAKTU
PENYAJI
1
Kebijakan Dinas Pendidikan Kab. Majene
2 jam
Ka Dinas Pendidikan
2
Kurikulum 2013
8 jam
Kasi Kurikulum
3
Pelatihan Praktikum silang (Fisika/Biologi)
20 Jam
Drs. Anan, MS,
Drs. Syamsu Rais, S.Pd
4
Penyusunan Karya Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
40 jam
Prof. Dr. Muris, M.Pd
LPMP
5
Penulisan Artikel Jurnal
10 jam
Prof. Dr. Muris, M.Pd
Jumlah Jam
80 Jam

4.     Peserta dan Narasumber
Peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru mata pelajaran IPA di kabupaten Majene sebanyak 40 orang.
Penyaji terdiri dari : Guru inti , Kepala sekolah, Pengawas, Widyaiswara LPMP yang telah lulus TOT, dan ahli dari akademisi

5.     Panitia
Adapun susunan kepanitiaan dalam kegiatan ini dilaksanakan langsung oleh pengurus MGMP IPA Kabupaten Majene dengan susunan sebagai berikut:
Ketua           : Saifuddin, S.Pd., M.Pd
Seretaris      : Abdul Gafur, S.Si, M.d
Bendahara  : Hj. Andilah, S.Pd
Serta seksi-seksi yang mendukung kelancara kegiatan workshop  tersebut
B.   RINCIAN KEGIATAN

 

            MGMP IPA Kabupaten Majene terdiri atas pelatihan selama 2 hari setiap minggu (sabtu dan minggu) selama 4 minggu . Adapun gambaran kegiatan dalam pertemuan rutin 8 kali tersebut yaitu :

1.      Pertemuan pertama   : Konsep dan Program Implementasi

  Kurikulum 2013

2.      Pertemuan kedua      : Pengembangan Diri : Pelatihan Praktikum

  Silang Fisika dan Biologi

3.      Pertemuan ketiga       : I Pengembangan Diri : Pelatihan Praktikum

  Silang Fisika dan Biologi

 

4.      Pertemuan keempat  : Indentifikasi Masalah, Perencanaan PTK,

  Penyusunan Proposal

5.      Pertemuan kelima      : Pembuatan perangkat dan instrumen PTK

6.      Pertemuan keenam   : Analisis dan Interpretasi data, refleksi dan

  Penyusunan Laporan

7.      Pertemuan ketujuh    : Penyusunan Laporan

8.      Pertemuan kedelapan: Pembuatan Artikel Jurnal ilmiah


C.   JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
Adapun jadwal pelaksanaan kegiatan dapat dilihat pada tabel berikut:

Tabel . 3. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

NO
PUKUL
KEGIATAN
PENYAJI

1.
HARI I   : SABTU, 1 SEPTEMBER 2013

08.00–09.00
Pembukaan, dilanjutkan materi Kebijakan Dinas Pendidikan Kab. Majene
Kepala Dinas Pendidikan Kab. Majene


09.00-10.15
Kurikulum 2013
Kasi Kurikulum


10.15-10.30
Snack
Panitia


10.30-12.00
Kurikulum 2013
Kasi Kurikulum


ISHOMA




13.00-14.30
Kurikulum 2013
LPMP


15.30-16.15
Snack
Paitia


16.15-17.00
Kurikulum 2013
LPMP

2.
HARI II   : MINGGU, 2 SEPTEMBER 2013

08.00–10.15
Praktikum 1 (Fisika/Biologi)
Dosen


10.15-10.30
Snack



10.30-12.00
Praktikum 1 (Fisika/Biologi)
Dosen


ISHOMA



13.00-14.30
Praktikum 2 (Fisika/Biologi)
Dosen


15.30-16.15
Snack
Paitia


16.15-17.00
Praktikum 2 (Fisika/Biologi)
Dosen


3.
HARI III   : SABTU, 8  SEPTEMBER 2013

08.00–09.00
Praktikum 3 (Fisika/Biologi)
Guru


09.00-10.15
Praktikum 3 (Fisika/Biologi)
Guru


10.15-10.30
Snack
Panitia


10.30-12.00
Praktikum 4 (Fisika/Biologi)
Guru


ISHOMA



13.00-14.30
Praktikum 4  (Fisika/Biologi)
Guru


15.30-16.15
Snack
Panitia


16.15-17.00
Finalisasi Praktikum
Guru






4.
HARI IV   : MINGGU, 9 SEPTEMBER 2013


08.00–09.00
Identifikasi masalah dan judul PTK
Dosen UNM


09.00-10.15



10.15-10.30
Snack
Panitia


10.30-12.00
Penulisan Latar Belakang PTK
Dosen UNM


ISHOMA



13.00-14.30
Penulisan Latar Belakang PTK
Dosen UNM


15.30-16.15
Snack
Panitia


16.15-17.00
Penulisan Latar Belakang PTK
Dosen UNM

5.
HARI V   : SABTU, 15 SEPTEMBER 2013

08.00–09.00
Kajian Literatur (jurnal, buku, media cetak dll.
Dosen UNM


09.00-10.15


10.15-10.30
Snack
Panitia


10.30-12.00
Penulisan Kajian Literatur
Dosen UNM


ISHOMA
ISHOMA



13.00-14.30
Penulisan Kajian Literatur
Dosen UNM


15.30-16.15
Snack
Panitia


16.15-17.00
Penulisan Kajian Literatur
Dosen UNM

6.
HARI VI   : MINGGU, 16 SEPTEMBER 2013

08.00–09.00
Penyusunan Proposal PTK
Dosen UNM


09.00-10.15


10.15-10.30
Snack
Panitia


10.30-12.00
Penyusunan Proposal PTK
Dosen UNM


ISHOMA




13.00-14.30
Asistensi Penyusunan Laporan PTK
Dosen UNM


15.30-16.15
Snack
Panitia


16.15-17.00
Asistensi Penyusunan Laporan PTK
Dosen UNM

7.
HARI VII   : SABTU, 13 OKTOBER 2013


08.00–09.00
Finalisasi Penyusunan Laporan PTK, Pembahasan, dan kesimpulan
Pengawas


09.00-10.15
Finalisasi Penyusunan Laporan PTK, Pembahasan, dan kesimpulan
Pengawas


10.15-10.30
Snack
Panitia


10.30-12.00
Finalisasi Penyusunan Laporan PTK, Pembahasan, dan kesimpulan
Pengawas


ISHOMA



13.00-14.30
Finalisasi Penyusunan Laporan PTK, Pembahasan, dan kesimpulan
Pengawas


15.30-16.15
Snack
Panitia


16.15-17.00
Finalisasi Penyusunan Laporan PTK, Pembahasan, dan kesimpulan
Pengawas

8.
HARI VIII   : MINGGU, 14 OKTOBER 2013


08.00–10.15
Paparan Materi Penulisan Artikel Jurnal
Dosen UNM


10.15-10.30
Snack
Panitia


10.30-12.00
 Pembuatan artikel jurnal;
LPTK


ISHOMA




13.00-14.30
Pembuatan artikel jurnal;
LPTK


15.30-16.15
Snack
Panitia


16.15-17.00
Finalisasi  artikel jurnal
LPTK



D.  RENCANA ANGGARAN
Pembiayaan kegiatan pemberdayaan MGMP IPA kabupaten Majene berasal dari bantuan Pengembangan karir PTK Dikdas Tahun 2013. Sebesar Rp. 28.000.000,- dengan rincian sebagai berikut:
Tabel 4. Rencana Anggaran
NO
Jenis Kegiatan
Valume
Jumlah
(RP)

Satuan
Jumlah
(RP)
(RP)





I
Persiapan




1. Penyusunan Proposal
1
500,000.00
500,000.00

Jumlah


500,000.00
II
Pelaksanaan Program




1. Transport




     * PJPP
1
1,000,000.00
1,000,000.00

     * Narasumber
4
200,000.00
800,000.00

     * Fasilitator
2*8 hari
70,000.00
1,120,000.00

     * Peserta
40
150,000.00
6,000,000.00

     * Panitia
4*8 hari
50,000.00
1,600,000.00

2. Honor




     * Narasumber
4
500,000.00
2,000,000.00

     * Fasilitator
2*8 hari
100,000.00
1,600,000.00

     * Panitia
4*8 hari
50,000.00
1,600,000.00

Jumlah


15,710,000.00
II
2. Komsumsi




     * Snack
40*2*8 hari
3,000.00
1,920,000.00

      * Makan Siang
 40* 8 hari
20,000.00
6,400,000.00

Jumlah


8,320,000.00
III
3. ATK




    @ Kertas HVS 70 Gram
4 rim
45,000.00
180,000.00

    @ Kertas HVS 60 Gram
1 rim
40,000.00
40,000.00



    @ Map dan Buku+Pengaris+Pulpen
40 buah
20,000.00
800,000.00

    @ Spindol Whiteboard
1 dos
25,000
40,000.00

    @ Tinta Komputer
2 buah
35,000.00
70,000.00

    @ Karton Manila
40
4,000.00
160,000.00

    @ Kertas Bergaris
1 rim
50000
50,000.00

    @ Piagam
40  lbr
8,000.00
400,000.00
@
    @ Penggandaan

180,000.00
180,000.00
Jumlah


1,920,000.00
IV
Loparan dan Pemantauan Internal




1. Pemantauan Internal
3
350,000.00
1,050,000.00

2. Laporan
1
500,000.00
500,000.00
Jumlah 

1,550,000.00
V
Diseminasi Hasil Kegiatan

1000000
1,000,000.00

Seminar
1
1,500,000.00
1,500,000.00
Jumlah


1,500,000.00
Jumlah Keseluruhan

28,000,000.00



REKAPITULASI ANGGARAN

Tabel 5, Rekapitulasi Anggaran
No.
Nama Kegiatan
Anggaran

1
Persiapan
500,000.00

2
Pelaksanaan Program
15,710,000.00

3
Komsumsi
8.320,000.00

3
ATK
1.920,000.00

3
Loparan dan Pemantauan Internal
1,550,000.00

4
Diseminar Hasil Kegiatan
1,500,000.00

Jumlah
28,000,000.00






   Majene,  10 Juli 2013

          Ketua

Bendahara

















SAIFUDDIN, S.Pd, M.Pd

   Hj. ANDILA, S.Pd.

NIP. 97412312001121047                 

   NIP. 196912101995122005





BAB IV
PENUTUP

A.   KESIMPULAN

Dengan terselenggarakannya program dan kegiatan MGMP bagi guru guru Ilmu Pengetahuan Alam ini, dapat disimpulkan bahwa guru-guru SMP akan termotivasi untuk mengembangkan dirinya sehingga harapan untuk pengembangan professionalisme guru dapat tercapai
Hasil kegiatan ini, diharapkan meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang lebih bermakna dan akhirnya nilai Ujian  Ilmu Pengetahuan Alam  dapat lebih meningkat, baik kualitas kelulusannya maupun kuantitasnya.

B.   SARAN

1.    Diharapkan kepada Direktorat pembinaan PTK pendidikan dasar untuk melanjutkan program ini sebagai bahan program jangka panjang, berkesinambungan, dan berkelanjutan.
2.    Kepada guru-guru yang telah mengikuti kegiatan ini, diharapkan mengembangkan keterampilannya dengan cara membagi pengalaman kepada guru yang lain yang belum mendapatkan informasi ini.  

Pengurus MGMP IPA SMP
Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat,



SAIFUDDIN, S.Pd, M.Pd                        ABDUL GAFUR, S.Si,M.Pd                                         Ketua                                                      Sekertaris
LAMPIRAN
1.  Susunan Kepengurusan Organisasi MGMP SMP;
2.Rekap pengurus dan keanggotaan MGMP SMP
3.  Foto kopi laporan singkat kegiatan lengkap dengan daftar hadir atas    kegiatan yang dilakukan selama satu tahun terakhir;
4.  Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan melaksanakan program kegiatan yang dibantu melalui program pengembangan karier PTK dikdas dari Dit. P2TK Dikdas dan  melakukan publikasi hasil kegiatan  
5.  Surat pernyataan bahwa proposal yang diajukan asli dan benar sesuai dengan kondisi lapangan  
6.  Fotokopi rekening yang masih aktif pada bank Pemerintah  atas nama MGMP SMP
7.  Fotokopi nomor pokok wajib pajak (NPWP) atas nama MGMP IPA Kab. Majene
8.  Foto kopi MoU yang sudah ditandatangani (di atas materai Rp.6.000,00 dan distempel) oleh ketua MGMP IPA Kab. Majene rangkap 2.
9.  Kwitansi yang sudah ditandatangani (di atas materai Rp.6.000,00 dan distempel) oleh ketua MGMP IPA Kab. Majene, dibuat rangkap 2.



No comments:

Post a Comment