Saturday 28 December 2013

FORMAT TELAAH BUKU PEGANGAN GURU DAN BUKU TEKS PELAJARAN KURIKULUM 2013



CONTOH
FORMAT TELAAH BUKU PEGANGAN GURU DAN BUKU TEKS PELAJARAN KURIKULUM 2013

RESPONDEN GURU MATA PELAJARAN

IDENTITAS RESPONDEN
Nama

Jabatan
Guru
Mata Pelajaran
I P A
Nomor Telepon/ HP

Email

Nama Sekolah
SMP
Alamat Sekolah

Kab./Kota

Provinsi


Jenis Buku yang Ditelaah
Buku Pegangan Guru 


A.    Petunjuk
1.         Telaah buku pegangan guru dan siswa Kurikulum 2013 dengan teliti dan kritis untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang telah layak maupun yang masih memerlukan perbaikan;
2.         Dalam melakukan telaah ini diharapkan Anda membaca referensi yang terkait dengan kurikulum 2013 agar hasil telaah menjadi semakin baik;
3.         Telaah Anda pada dasarnya mencakup aspek
Ø  kebenaran isi/konsep: kesesuaian dengan KI dan KD, kesesuaian dengan perkembangan peserta didik (konkret, semi konkret, dan abstrak), kesesuian dengan kebutuhan bahan ajar, kebenaran substansi materi pelajaran, manfaat untuk penambahan wawasan, kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
Ø  koherensi penyajian gagasan: Kompetensi Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (tahapannya lihat pada Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses)
Ø  kelayakan bahasa: keterbacaan, kejelasan informasi, kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar, pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat);
Ø  fisibilitas implementasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat sekolah tertentu: dapat diimplementasikan pada level satuan pendidikan tersebut (sesuai atau tidak, dilakukan untuk level dimaksud);
Ø  kelayakan perujukan pada sumber yang dirujuk: kesesuaian keterangan dan/atau gambar dengan konteks dari konsep yang dipelajari; dan
Ø  kegrafikaan: lay-out atau tata letak, ilustrasi, gambar, foto, desain tampilan, identitas/keterangan gambar, dll
4.         Apabila aspek tertentu memerlukan perbaikan, tulis saran perbaikan pada label/stiker yang telah disediakan dan ditempelkan pada halaman buku yang anda anggap masih memerlukan perbaikan;
5.         Tulis hasil telaah Anda secara keseluruhan di FORMAT TELAAH BUKU PEGANGAN GURU DAN SISWA KURIKULUM 2013 pada bagian yang bersesuaian, yaitu aspek-aspek yang telah layak dan yang masih memerlukan perbaikan pada kolom yang disediakan. Apabila kolom yang disediakan tidak cukup, Anda dapat menuliskannya pada lembar tambahan;
6.         Mintalah klarifikasi kepada penulis apabila ada bagian-bagian yang Anda ragu-ragu;
7.         Format isian hasil telaah diserahkan ke panitia dalam bentuk soft copy dan hard copy;
8.         Format isian hasil telaah dalam bentuk hard copy di tanda tangani oleh penelaah.

*) Coret yang tidak perlu

B.     Format Isian Hasil Telaah Buku: Buku guru

BAB I:  OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA

No.
Komponen
Aspek yang Belum Layak
Halaman
Saran Perbaikan
1
Kebenaran isi/konsep




a.      Kesesuaian dengan KI dan KD
-
-
                               -

b.      Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
-
-
                                -

c.       Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,
-
-
-                                  

d.     Kebenaran substansi materi pelajaran,
-
-
-

e.      Manfaat untuk penambahan wawasan,
-
-
-

f.        Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial
-
-
-
2
Koherensi penyajian gagasan




a.      KI dan KD
-
-
-

b.      Materi

 cara menggunakan alat beberapa besaran pokok tidak tercantum didalamnya
21 - 23
Sebaiknya pada buku guru juga dituliskan penggunaan beberapa alat ukur besaran pokok                               

c.       Kegiatan




d.     Pelatihan/tugas
 Kegiatan pendahuluan dari pertemuan I – V tidak terdapat sapaan , salam ataupun berdoa bersama
                    -
17 - 27



     
-
Sebaiknya dimunculkan pada kegiatan awal atau pendahuluan.



-

e.      Penilaian
-
-
.
3
Kelayakan bahasa
a.      Keterbacaan

-

-

-

b.      Kejelasan informasi
-
-
-

c.       Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
-
-
-

d.     Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat);
-
-
-
4
Fisibilitas implementasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
-



-
-
5
Kelayakan perujukan pada sumber yang dirujuk
-
-
-
6
Kegrafikaan
                    



a.      Lay-out atau tata letak
-
-
-

b.      Ilustrasi
-
-
-

c.       Gambar
-
-
-

d.     Foto
e.      Desain tampilan
-
-
-

f.        Identitas/keterangan gambar, dll
-
-
-
                                    
                                                                         
BAB II:  KLASIFIKASI BENDA

No.
Komponen
Aspek yang Belum Layak
Halaman
Saran Perbaikan
1
Kebenaran isi/konsep




a.      Kesesuaian dengan KI dan KD
-
-
-

b.      Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
-
-
-

c.       Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,
-
-
-

d.     Kebenaran substansi materi pelajaran,
-
-
-

e.      Manfaat untuk penambahan wawasan,
-
-
-

f.        Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai social.
-
-
-
2
Koherensi penyajian gagasan




a.      KI dan KD
-
-
-

b.      Materi
-
-
-

c.       Kegiatan













d.     Pelatihan/tugas
-Kegiatan pendahuluan   dari pertemuan I – V tidak terdapat sapaan, salam ataupun doa bersama.
-Kegiatan Inti pada pertemuan I dan II yaitu pengamatan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup, dan membedakan ciri-ciri makhluk hidup dengan benda tak hidup.

-
36 – 59




36 dan 40








-
- sebaiknya dimunculkan pada kegiatan awal atau pendahuluan



-Membedakan makhluk hidup dengan benda tak hidup tentu dapat dilihat dari ciri-ciri yang dimilikinya, jadi sebaiknya pertemuan I dan ke II disatukan saja menjadi satu kali pertemuan.





-

e.      Penilaian
-
-
-
3
a.    Kelayakan bahasa
b.   Keterbacaan
                      -
-
-

c.    Kejelasan informasi

                      -
-
-

d.   Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
                      -
-
-

e.    Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat);
                      -
-
-
4
Fisibilitas implementasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
-
-
-
5
Kelayakan perujukan pada sumber yang dirujuk
-
-
-
6
Kegrafikaan




a.      Lay-out atau tata letak
                        -
-
-

b.      Ilustrasi
                        -
-
-

c.       Gambar
                        -
-
-

d.     Foto
e.      Desain tampilan
                       -
-
-

f.        Identitas/keterangan gambar, dll
                       -
-
-
                                                                                                                                      
          

BAB III:  KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
               
No.
Komponen
Aspek yang Belum Layak
Halaman
Saran Perbaikan
1
Kebenaran isi/konsep




a.    Kesesuaian dengan KI dan KD
-
-
-

b.   Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
-
-
-

c.    Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,
Alokasi waktu dan Sub topik, tatap muka ke 3 adalah klasifikasi tumbuhan sementara pada pertemuan III adalah Klasifikasi Mikroskopis dan jamur. Klasifikasi tumbuhan dan hewan pada pertemuan IV
64 dan 75
-Sebaiknya disesuaikan antara alokasi waktu dan sub topik dengan pertemuan.

d.   Kebenaran substansi materi pelajaran,
-
-
-

e.    Manfaat untuk penambahan wawasan,
-
-
-

f.     Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
-
-
-
2
Koherensi penyajian gagasan
-
-
-

a.      KI dan KD
-
-
-

b.      Materi

-Tidak dicantumkan   contoh kunci determinasi
- Pada Pertemuan III tidak dicantumkan pengenalan mikroskop dan tata cara penggunaannya
-Pertemuan IV kalsifikasi tumbuhan dan hewan materinya padat sementara alokasi waktunya hanya 3 jampel
72 – 73

75 – 82




84 - 92
-Sebaiknya diberikan juga contoh kunci determinasi, tidak hanya petunjuk untuk membuat kunci determinasi.
-Sebaiknya disajikan juga pengenalan mikroskop dan tata cara penggunaannya.



-Sebaiknya klasifikasi tumbuhan dan hewan dibuat 2 kali pertemuan.

c.       Kegiatan










d.     Pelatihan/tugas

-Tidak ada salam, sapa,dan doa bersama pada peserta didik untuk keg. Pendahuluan
-Kegiatan Inti pada pertemuan IV yaitu melakukan kerja ilmiah IPA sangat banyak,sementara waktu yang tersedia sedikit

-
69 - 92



93






-
Sebaiknya ada salam, sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan.


-Sebaiknya kegiatan  melakukan kerja ilmiah IPA dibagi menjadi 2 kali pertemuan, jadi alokasi waktu untuk materi ini ditambah.




-

e.      Penilaian
-
-
-
3
Kelayakan bahasa
a.   Keterbacaan
                       -
-
-

b.   Kejelasan informasi
                       -
-
-

c.    Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
    Alat, Bahan, dan Media  : Kalimat “serta alat serta bahan yang digunakan ……”              
84
Sebaiknya kalimatnya “ serta alat dan bahan yang digunakan ………”

d.  Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat);
                     -
-
-
4
Fisibilitas implementasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
-
           -
-
5
Kelayakan perujukan pada sumber yang dirujuk
-
-
-
6
Kegrafikaan
                     



a.      Lay-out atau tata letak
                     -
-
-

b.      Ilustrasi
                     -
-
-

c.       Gambar
                     -
-
-

d.     Foto
e.      Desain tampilan
                     -
-
-

f.        Identitas/keterangan gambar, dll
                    -
-
-
                                                                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                                               
BAB IV:  SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN
               
No.
Komponen
Aspek yang Belum Layak
Halaman
Saran Perbaikan
1
Kebenaran isi/konsep




a. Kesesuaian dengan KI dan KD
-
       -
-

b.Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
-
-
-

c.Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,
-
-
-

d.Kebenaran substansi materi pelajaran,
-
-
-

e.Manfaat untuk penambahan wawasan,
-
-
-

f.Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
-
-
-
2
Koherensi penyajian gagasan
-
-
-

a.KI dan KD
-
-
-

b.Materi
-
-
-          

c.Kegiatan


d.Pelatihan/tugas
Tidak ada salam,sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan
-
102 – 121


-

Sebaiknya ada salam, sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan.

-


e.Penilaian
-
-
-
3
Kelayakan bahasa
a.Keterbacaan
-
-
-

b.Kejelasan informasi
-
-
-

c.Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
-
-
-

d.Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat);
-
-
-
4
Fisibilitas implementasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
-
           -
-
5
Kelayakan perujukan pada sumber yang dirujuk
-
-
-
6
Kegrafikaan
                     



aLay-out atau tata letak
                     -
-
-

b.Ilustrasi
                     -
-
-

c.Gambar
                     -
-
-

d.Foto
e.Desain tampilan
                     -
-
-

f.Identitas/keterangan gambar, dll
                    -
-
-
                                                                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                                                 
BAB V:  PERUBAHAN BENDA-BEND DISEKITAR KITA
               
No.
Komponen
Aspek yang Belum Layak
Halaman
Saran Perbaikan
1
Kebenaran isi/konsep

       


a.Kesesuaian dengan KI dan KD
-
-
-

b.Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
-
-
-

c.Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,
-
-
-

d.Kebenaran substansi materi pelajaran,
-
-
-

e.Manfaat untuk penambahan wawasan,
-
-
-

f.Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
-
-
-
2
Koherensi penyajian gagasan




a.KI dan KD
-
-
-

b.Materi

Pada tujuan terdapat proses pemisahan campuran dengan cara  ekstraksi  yang tidak terdapat didalam buku siswa tetapi pada kegiatan inti metode yang digunakan adalah kromatografi kertas
     146
Kegiatan yang dilakukan seharusnya sesuai untuk setiap tahap pembelajaran

c.Kegiatan







d.Pelatihan/tugas
-Tidak ada salam, sapa dan doa bersama pada pendahuluan
-Kegiatan Inti tahap pertama yaitu pemisahan campuran dengan kromatografi kertas cara destilasi
-
133, 137, 143, dan 147

147




-
-Sebaiknya ada salam, sapadan doa bersama pada kegiatan pendahuluan

-Seharusnya peserta didik mengomunikasikan hasil pengamatan terhadap kegiatan pemisahan campuran dengan cara destilasi


-


e.Penilaian
-
-
-
3
Kelayakan bahasa
a.Keterbacaan
                    
-

-

-

b.Kejelasan informasi
                       -
-
-

c.Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
Pada tujuan esensial peserta didik melakukan “ emisahan campuran ”                    
146
Seharusnya “ pemisahan campuran “.  (kesalahan pengetikan)

d.Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat);
                     -
-
-
4
Fisibilitas implementasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
-
           -
-
5
Kelayakan perujukan pada sumber yang dirujuk
-
-
-
6
Kegrafikaan
                     



a.Lay-out atau tata letak
                     -
-
-

b.Ilustrasi
                     -
-
-

c.Gambar
                     -
-
-

d.Foto
e.Desain tampilan
                     -
-
-

f.Identitas/keterangan gambar, dll
                    -
-
-
                                                                                                                                                                                                                                                                            
BAB VI : ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN
               
No.
Komponen
Aspek yang Belum Layak
Halaman
Saran Perbaikan
1
Kebenaran isi/konsep




a.Kesesuaian dengan KI dan KD
-
-
-

b.Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
-
-
-

c.Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,
-
-
-

d.Kebenaran substansi materi pelajaran,
-
-
-

e.Manfaat untuk penambahan wawasan,
-
-
-

f.Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
-
-
-
2
Koherensi penyajian gagasan
-
-
-

a.KI dan KD
-
-
-

b.Materi
-
-
-

c.Kegiatan



d.Pelatihan/tugas
Tidak ada salam, sapa dan doa bersama pada  pendahuluan

-
160, 164, 166, 171, 177, 178, dan  179
-

Sebaiknya ada salam, sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan


-

e.Penilaian
-
-
-
3
Kelayakan bahasa
a.Keterbacaan
                       -
-
-

b.Kejelasan informasi
                       -
-
-

c.Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
                     -
-
-

d.Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat);
                     -
-
-
4
Fisibilitas implementasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
-
           -
-
5
Kelayakan perujukan pada sumber yang dirujuk
-
-
-
6
Kegrafikaan
                     



a.Lay-out atau tata letak
                     -
-
-

b.Ilustrasi
                     -
-
-

c.Gambar
                     -
-
-

d.Foto
e.Desain tampilan
                     -
-
-

f.Identitas/keterangan gambar, dll
                    -
-
-
                                                                                                                                                                                                                                                                             

BAB VII:  SUHU DAN PERUBAHANNYA
               
No.
Komponen
Aspek yang Belum Layak
Halaman
Saran Perbaikan
1
Kebenaran isi/konsep




a.Kesesuaian dengan KI dan KD
-
-
-

b.Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
-
-
-

c.Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,
-
-
-

d.Kebenaran substansi materi pelajaran,
-
-
-

e.Manfaat untuk penambahan wawasan,
-
-
-

f.Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;

-
-
-
2
Koherensi penyajian gagasan




a.KI dan KD
-
-
-

b.Materi
-
-
-

c.Kegiatan


d.Pelatihan/tugas
Tidak ada salam, sapa dan doa bersama pada pendahuluan
-
187, 190, 193, 194 dan 199.
-


Sebaiknya ada salam, sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan

-

e.Penilaian
-
-
-
3
Kelayakan bahasa a.Keterbacaan
                    
-

-

-

b.Kejelasan informasi
                       -
-
-

c.Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
                     -
-
-

d.Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat);
                     -
-
-
4
Fisibilitas implementasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
-
           -
-
5
Kelayakan perujukan pada sumber yang dirujuk
-
-
-
6
a.Kegrafikaan
                     



b.Lay-out atau tata letak
                     -
-
-

c.Ilustrasi
                     -
-
-

d.Gambar
                     -
-
-

e.Foto
f.Desain tampilan
                     -
-
-
-
-
-

g.Identitas/keterangan gambar, dll
                    -
-
-
                                                                                                                                                                                                                                                                               

BAB VIII:  KALOR DAN PERPINDAHANNYA
                                              
No.
Komponen
Aspek yang Belum Layak
Halaman
Saran Perbaikan
1
Kebenaran isi/konsep




a.Kesesuaian dengan KI dan KD
-
-
-

b.Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
-
-
-

c. Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,

-
-
-

d.Kebenaran substansi materi pelajaran,
-
-
-

e.Manfaat untuk penambahan wawasan,
-
-
-

f.Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
-
-
-
2
Koherensi penyajian gagasan




a.KI dan KD
-
-
-

b.Materi
-
-
-

c.Kegiatan


d.Pelatihan/tugas
Tidak ada salam, sapa dan doa bersama pada pendahuluan
-
207, 209, 211, 213, 215, dan 217
-
Sebaiknya ada salam, sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan

-


e.Penilaian
-
-
-
3
Kelayakan bahasa
a.Keterbacaan
                   
-

-

-

b.Kejelasan informasi
                       -
-
-

c.Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
                     -
-
-

d.Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat);
                     -
-
-
4
Fisibilitas implementasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
-
           -
-
5
Kelayakan perujukan pada sumber yang dirujuk
-
-
-
6
Kegrafikaan
                      



a.Lay-out atau tata letak
                     -
-
-

b.Ilustrasi
                     -
-
-

c.Gambar
                     -
-
-

d.Foto
e.Desain tampilan
                     -
-
-

f.Identitas/keterangan gambar, dll
                    -
-
-
                                                                                                             


BAB IX : INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN 
               
No.
Komponen
Aspek yang Belum Layak
Halaman
Saran Perbaikan
1
Kebenaran isi/konsep




a.Kesesuaian dengan KI dan KD
-
-
-

b.Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
-
-
-

c.Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,
-
-
-

d.Kebenaran substansi materi pelajaran,
-
-
-

e.Manfaat untuk penambahan wawasan,
-
-
-

f.Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
-
-
-
2
Koherensi penyajian gagasan




a.KI dan KD
-
-
-

b.Materi

-Pada pertemuan ke IV  sub konsep  yang tertulis adalah perpindahan kalor: konduksi dan konveksi
-Pada pertemuan ke V sub konsep yang tertuls adalah radiasi
-Pada pertemuan ke VI sub konsep yang tertulis adalah penyajian tugas proyek.
      231




234


238
Seharusnya ditulis bentuk-bentuk saling ketergantungan




-Seharusnya ditulis perubahan lingkungan dan pencemaran lingkungan.

- Seharusnya ditulis Pemanasan global

c.Kegiatan


d.Pelatihan/tugas
Tidak ada salam, sapa dan doa bersama pada pendahuluan
-
224, 227, 230, 233, 236, 241, dan 242


Sebaiknya ada salam, sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan



e.Penilaian
-
-
-
3
Kelayakan bahasa
a.Keterbacaan
                   
-

-

-

b.Kejelasan informasi
                       -
-
-

c.Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
                     -
-
-

d.Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat);
                     -
-
-
4
Fisibilitas implementasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
-
           -
-
5
Kelayakan perujukan pada sumber yang dirujuk
-
-
-
6
Kegrafikaan
                     



a.Lay-out atau tata letak
                     -
-
-

b.Ilustrasi
                     -
-
-

c.Gambar
                     -
-
-

d.Foto
e.Desain tampilan
                     -
-
-

f.Identitas/keterangan gambar, dll
                    -
-
-
                                                                                                                                                  
……………….,…………………..
Penelaah buku guru,




………………………………
NIP


No comments:

Post a Comment