CONTOH
FORMAT TELAAH BUKU PEGANGAN GURU DAN BUKU TEKS PELAJARAN
KURIKULUM 2013
RESPONDEN GURU MATA
PELAJARAN
IDENTITAS RESPONDEN
Nama
|
|
Jabatan
|
Guru
|
Mata Pelajaran
|
I P A
|
Nomor Telepon/ HP
|
|
Email
|
|
Nama Sekolah
|
SMP
|
Alamat Sekolah
|
|
Kab./Kota
|
|
Provinsi
|
|
Jenis Buku yang Ditelaah
|
Buku Pegangan Guru
|
A.
Petunjuk
1.
Telaah buku
pegangan guru dan siswa Kurikulum 2013 dengan teliti
dan kritis untuk mengidentifikasi aspek-aspek yang telah layak maupun yang
masih memerlukan perbaikan;
2.
Dalam melakukan
telaah ini diharapkan Anda membaca referensi yang terkait dengan kurikulum 2013 agar hasil telaah menjadi semakin baik;
3.
Telaah Anda pada
dasarnya mencakup aspek
Ø kebenaran isi/konsep:
kesesuaian dengan KI dan KD, kesesuaian
dengan perkembangan peserta didik (konkret, semi konkret, dan abstrak),
kesesuian dengan kebutuhan bahan ajar, kebenaran substansi materi pelajaran,
manfaat untuk penambahan wawasan, kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai
sosial;
Ø koherensi penyajian
gagasan: Kompetensi Sikap,
Pengetahuan dan Keterampilan (tahapannya lihat pada Permendikbud No. 65 tahun
2013 tentang Standar Proses)
Ø kelayakan bahasa: keterbacaan,
kejelasan informasi, kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan
benar, pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien (jelas dan singkat);
Ø fisibilitas
implementasi contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat sekolah tertentu:
dapat diimplementasikan pada level satuan
pendidikan tersebut (sesuai atau tidak, dilakukan untuk level dimaksud);
Ø kelayakan perujukan
pada sumber yang dirujuk: kesesuaian keterangan
dan/atau gambar dengan konteks
dari
konsep yang dipelajari; dan
Ø kegrafikaan: lay-out atau tata
letak, ilustrasi, gambar, foto, desain tampilan, identitas/keterangan gambar, dll
4.
Apabila aspek tertentu memerlukan perbaikan, tulis saran perbaikan pada
label/stiker yang telah disediakan dan ditempelkan pada halaman buku yang anda
anggap masih memerlukan perbaikan;
5.
Tulis hasil telaah Anda
secara keseluruhan di FORMAT TELAAH BUKU
PEGANGAN GURU DAN SISWA KURIKULUM 2013 pada bagian yang bersesuaian, yaitu
aspek-aspek yang telah layak dan yang masih memerlukan perbaikan pada kolom
yang disediakan. Apabila kolom yang disediakan tidak cukup, Anda dapat
menuliskannya pada lembar tambahan;
6.
Mintalah klarifikasi
kepada penulis apabila ada bagian-bagian yang Anda ragu-ragu;
7.
Format isian hasil
telaah diserahkan ke panitia dalam bentuk soft
copy dan hard copy;
8.
Format isian hasil
telaah dalam bentuk hard copy di
tanda tangani oleh penelaah.
*) Coret yang tidak perlu
B.
Format Isian Hasil Telaah Buku: Buku guru
BAB
I: OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA
No.
|
Komponen
|
Aspek yang
Belum Layak
|
Halaman
|
Saran
Perbaikan
|
1
|
Kebenaran isi/konsep
|
|
|
|
|
a.
Kesesuaian
dengan KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.
Kesesuaian
dengan perkembangan peserta didik,
|
-
|
-
|
-
|
|
c.
Kesesuaian
dengan kebutuhan bahan ajar,
|
-
|
-
|
-
|
|
d.
Kebenaran
substansi materi pelajaran,
|
-
|
-
|
-
|
|
e.
Manfaat untuk
penambahan wawasan,
|
-
|
-
|
-
|
|
f.
Kesesuaian
dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Koherensi penyajian gagasan
|
|
|
|
|
a.
KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.
Materi
|
cara menggunakan alat beberapa
besaran pokok tidak tercantum didalamnya
|
21 - 23
|
Sebaiknya pada buku guru juga dituliskan penggunaan beberapa alat ukur
besaran pokok
|
|
c.
Kegiatan
d. Pelatihan/tugas
|
Kegiatan pendahuluan dari
pertemuan I – V tidak terdapat sapaan , salam ataupun berdoa bersama
-
|
17 - 27
-
|
Sebaiknya dimunculkan
pada kegiatan awal atau pendahuluan.
-
|
|
e. Penilaian
|
-
|
-
|
.
|
3
|
Kelayakan bahasa
a. Keterbacaan
|
-
|
-
|
-
|
|
b. Kejelasan informasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c. Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik
dan benar
|
-
|
-
|
-
|
|
d. Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien
(jelas dan singkat);
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Fisibilitas implementasi
contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Kelayakan perujukan pada
sumber yang dirujuk
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Kegrafikaan
|
|
|
|
|
a.
Lay-out atau tata letak
|
-
|
-
|
-
|
|
b.
Ilustrasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.
Gambar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.
Foto
e.
Desain
tampilan
|
-
|
-
|
-
|
|
f.
Identitas/keterangan gambar, dll
|
-
|
-
|
-
|
BAB
II: KLASIFIKASI BENDA
No.
|
Komponen
|
Aspek yang
Belum Layak
|
Halaman
|
Saran
Perbaikan
|
1
|
Kebenaran isi/konsep
|
|
|
|
|
a.
Kesesuaian
dengan KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.
Kesesuaian
dengan perkembangan peserta didik,
|
-
|
-
|
-
|
|
c.
Kesesuaian
dengan kebutuhan bahan ajar,
|
-
|
-
|
-
|
|
d.
Kebenaran
substansi materi pelajaran,
|
-
|
-
|
-
|
|
e.
Manfaat untuk
penambahan wawasan,
|
-
|
-
|
-
|
|
f.
Kesesuaian
dengan nilai moral dan nilai-nilai social.
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Koherensi penyajian gagasan
|
|
|
|
|
a.
KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.
Materi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.
Kegiatan
d. Pelatihan/tugas
|
-Kegiatan pendahuluan dari
pertemuan I – V tidak terdapat sapaan, salam
ataupun doa bersama.
-Kegiatan Inti pada pertemuan I
dan II yaitu pengamatan perbedaan makhluk hidup dengan benda tak hidup, dan
membedakan ciri-ciri makhluk hidup dengan benda tak hidup.
-
|
36 – 59
36 dan 40
-
|
- sebaiknya dimunculkan pada
kegiatan awal atau pendahuluan
-Membedakan makhluk hidup dengan
benda tak hidup tentu dapat dilihat dari ciri-ciri yang dimilikinya, jadi
sebaiknya pertemuan I dan ke II disatukan saja menjadi satu kali pertemuan.
-
|
|
e. Penilaian
|
-
|
-
|
-
|
3
|
a. Kelayakan bahasa
b. Keterbacaan
|
-
|
-
|
-
|
|
c. Kejelasan informasi
|
-
|
-
|
-
|
|
d. Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang
baik dan benar
|
-
|
-
|
-
|
|
e. Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien
(jelas dan singkat);
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Fisibilitas implementasi
contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Kelayakan perujukan pada
sumber yang dirujuk
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Kegrafikaan
|
|
|
|
|
a.
Lay-out atau tata letak
|
-
|
-
|
-
|
|
b.
Ilustrasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.
Gambar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.
Foto
e.
Desain
tampilan
|
-
|
-
|
-
|
|
f.
Identitas/keterangan gambar, dll
|
-
|
-
|
-
|
BAB
III: KLASIFIKASI
MAKHLUK HIDUP
No.
|
Komponen
|
Aspek yang
Belum Layak
|
Halaman
|
Saran Perbaikan
|
1
|
Kebenaran isi/konsep
|
|
|
|
|
a.
Kesesuaian
dengan KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.
Kesesuaian
dengan perkembangan peserta didik,
|
-
|
-
|
-
|
|
c.
Kesesuaian
dengan kebutuhan bahan ajar,
|
Alokasi waktu dan Sub topik, tatap
muka ke 3 adalah klasifikasi tumbuhan sementara pada pertemuan III adalah
Klasifikasi Mikroskopis dan jamur. Klasifikasi tumbuhan dan hewan pada
pertemuan IV
|
64 dan 75
|
-Sebaiknya disesuaikan antara
alokasi waktu dan sub topik dengan pertemuan.
|
|
d.
Kebenaran
substansi materi pelajaran,
|
-
|
-
|
-
|
|
e.
Manfaat untuk
penambahan wawasan,
|
-
|
-
|
-
|
|
f.
Kesesuaian
dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Koherensi penyajian gagasan
|
-
|
-
|
-
|
|
a.
KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.
Materi
|
-Tidak dicantumkan contoh kunci determinasi
- Pada Pertemuan III tidak dicantumkan pengenalan
mikroskop dan tata cara penggunaannya
-Pertemuan IV kalsifikasi tumbuhan dan hewan
materinya padat sementara alokasi waktunya hanya 3 jampel
|
72 – 73
75 – 82
84 - 92
|
-Sebaiknya diberikan juga contoh
kunci determinasi, tidak hanya petunjuk untuk membuat kunci determinasi.
-Sebaiknya disajikan juga
pengenalan mikroskop dan tata cara penggunaannya.
-Sebaiknya klasifikasi tumbuhan
dan hewan dibuat 2 kali pertemuan.
|
|
c.
Kegiatan
d. Pelatihan/tugas
|
-Tidak ada salam, sapa,dan doa
bersama pada peserta didik untuk keg. Pendahuluan
-Kegiatan Inti pada pertemuan IV
yaitu melakukan kerja ilmiah IPA sangat banyak,sementara waktu yang tersedia
sedikit
-
|
69 - 92
93
-
|
Sebaiknya ada salam, sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan.
-Sebaiknya kegiatan melakukan kerja ilmiah IPA dibagi menjadi 2
kali pertemuan, jadi alokasi waktu untuk materi ini ditambah.
-
|
|
e. Penilaian
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Kelayakan bahasa
a.
Keterbacaan
|
-
|
-
|
-
|
|
b.
Kejelasan
informasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.
Kesesuaian
dengan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
Alat, Bahan, dan Media : Kalimat
“serta alat serta bahan yang digunakan ……”
|
84
|
Sebaiknya kalimatnya “ serta alat dan
bahan yang digunakan ………”
|
|
d. Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien
(jelas dan singkat);
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Fisibilitas implementasi
contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Kelayakan perujukan pada
sumber yang dirujuk
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Kegrafikaan
|
|
|
|
|
a.
Lay-out atau tata letak
|
-
|
-
|
-
|
|
b.
Ilustrasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.
Gambar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.
Foto
e.
Desain
tampilan
|
-
|
-
|
-
|
|
f.
Identitas/keterangan gambar, dll
|
-
|
-
|
-
|
BAB
IV: SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN
No.
|
Komponen
|
Aspek yang
Belum Layak
|
Halaman
|
Saran
Perbaikan
|
1
|
Kebenaran isi/konsep
|
|
|
|
|
a. Kesesuaian dengan KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Kesesuaian dengan perkembangan
peserta didik,
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kesesuaian dengan kebutuhan bahan
ajar,
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Kebenaran substansi materi
pelajaran,
|
-
|
-
|
-
|
|
e.Manfaat untuk penambahan wawasan,
|
-
|
-
|
-
|
|
f.Kesesuaian dengan nilai moral dan
nilai-nilai sosial;
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Koherensi penyajian gagasan
|
-
|
-
|
-
|
|
a.KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Materi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kegiatan
d.Pelatihan/tugas
|
Tidak ada salam,sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan
-
|
102 – 121
-
|
Sebaiknya ada salam, sapa dan
doa bersama pada kegiatan
pendahuluan.
-
|
|
e.Penilaian
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Kelayakan bahasa
a.Keterbacaan
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Kejelasan informasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang
baik dan benar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien
(jelas dan singkat);
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Fisibilitas implementasi
contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Kelayakan perujukan pada
sumber yang dirujuk
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Kegrafikaan
|
|
|
|
|
aLay-out atau tata letak
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Ilustrasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Gambar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Foto
e.Desain tampilan
|
-
|
-
|
-
|
|
f.Identitas/keterangan gambar, dll
|
-
|
-
|
-
|
BAB
V: PERUBAHAN BENDA-BEND DISEKITAR KITA
No.
|
Komponen
|
Aspek yang
Belum Layak
|
Halaman
|
Saran
Perbaikan
|
1
|
Kebenaran isi/konsep
|
|
|
|
|
a.Kesesuaian dengan KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Kebenaran substansi materi pelajaran,
|
-
|
-
|
-
|
|
e.Manfaat untuk penambahan wawasan,
|
-
|
-
|
-
|
|
f.Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Koherensi penyajian gagasan
|
|
|
|
|
a.KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Materi
|
Pada tujuan terdapat proses pemisahan
campuran dengan cara ekstraksi yang tidak terdapat didalam buku siswa
tetapi pada kegiatan inti metode yang digunakan adalah kromatografi kertas
|
146
|
Kegiatan yang dilakukan seharusnya sesuai untuk setiap tahap
pembelajaran
|
|
c.Kegiatan
d.Pelatihan/tugas
|
-Tidak ada salam, sapa dan doa
bersama pada pendahuluan
-Kegiatan Inti tahap pertama yaitu
pemisahan campuran dengan kromatografi kertas cara destilasi
-
|
133, 137, 143, dan 147
147
-
|
-Sebaiknya ada salam, sapadan doa bersama pada kegiatan pendahuluan
-Seharusnya peserta didik mengomunikasikan
hasil pengamatan terhadap kegiatan pemisahan campuran dengan cara
destilasi
-
|
|
e.Penilaian
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Kelayakan bahasa
a.Keterbacaan
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Kejelasan informasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kesesuaian dengan kaidah Bahasa
Indonesia yang baik dan benar
|
Pada tujuan esensial peserta didik
melakukan “ emisahan campuran ”
|
146
|
Seharusnya “ pemisahan campuran
“. (kesalahan pengetikan)
|
|
d.Pemanfaatan bahasa secara efektif
dan efisien (jelas dan singkat);
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Fisibilitas implementasi
contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Kelayakan perujukan pada
sumber yang dirujuk
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Kegrafikaan
|
|
|
|
|
a.Lay-out atau tata letak
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Ilustrasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Gambar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Foto
e.Desain tampilan
|
-
|
-
|
-
|
|
f.Identitas/keterangan gambar, dll
|
-
|
-
|
-
|
BAB
VI : ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN
No.
|
Komponen
|
Aspek yang
Belum Layak
|
Halaman
|
Saran
Perbaikan
|
1
|
Kebenaran isi/konsep
|
|
|
|
|
a.Kesesuaian dengan KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Kebenaran substansi materi pelajaran,
|
-
|
-
|
-
|
|
e.Manfaat untuk penambahan wawasan,
|
-
|
-
|
-
|
|
f.Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Koherensi penyajian gagasan
|
-
|
-
|
-
|
|
a.KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Materi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kegiatan
d.Pelatihan/tugas
|
Tidak ada salam, sapa dan doa bersama pada pendahuluan
-
|
160, 164, 166, 171, 177, 178,
dan 179
-
|
Sebaiknya ada salam, sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan
-
|
|
e.Penilaian
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Kelayakan bahasa
a.Keterbacaan
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Kejelasan informasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang
baik dan benar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien
(jelas dan singkat);
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Fisibilitas implementasi
contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Kelayakan perujukan pada
sumber yang dirujuk
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Kegrafikaan
|
|
|
|
|
a.Lay-out atau tata letak
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Ilustrasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Gambar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Foto
e.Desain tampilan
|
-
|
-
|
-
|
|
f.Identitas/keterangan gambar,
dll
|
-
|
-
|
-
|
BAB
VII: SUHU DAN PERUBAHANNYA
No.
|
Komponen
|
Aspek yang
Belum Layak
|
Halaman
|
Saran
Perbaikan
|
1
|
Kebenaran isi/konsep
|
|
|
|
|
a.Kesesuaian dengan KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Kebenaran substansi materi pelajaran,
|
-
|
-
|
-
|
|
e.Manfaat untuk penambahan wawasan,
|
-
|
-
|
-
|
|
f.Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Koherensi penyajian gagasan
|
|
|
|
|
a.KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Materi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kegiatan
d.Pelatihan/tugas
|
Tidak ada salam, sapa dan doa bersama pada pendahuluan
-
|
187, 190, 193, 194 dan 199.
-
|
Sebaiknya ada salam, sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan
-
|
|
e.Penilaian
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Kelayakan bahasa a.Keterbacaan
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Kejelasan informasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang
baik dan benar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien
(jelas dan singkat);
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Fisibilitas implementasi
contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Kelayakan perujukan pada
sumber yang dirujuk
|
-
|
-
|
-
|
6
|
a.Kegrafikaan
|
|
|
|
|
b.Lay-out atau tata letak
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Ilustrasi
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Gambar
|
-
|
-
|
-
|
|
e.Foto
f.Desain tampilan
|
-
-
|
-
-
|
-
-
|
|
g.Identitas/keterangan gambar, dll
|
-
|
-
|
-
|
BAB
VIII: KALOR
DAN PERPINDAHANNYA
No.
|
Komponen
|
Aspek yang
Belum Layak
|
Halaman
|
Saran
Perbaikan
|
1
|
Kebenaran isi/konsep
|
|
|
|
|
a.Kesesuaian dengan KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
|
-
|
-
|
-
|
|
c. Kesesuaian
dengan kebutuhan bahan ajar,
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Kebenaran substansi materi pelajaran,
|
-
|
-
|
-
|
|
e.Manfaat untuk penambahan wawasan,
|
-
|
-
|
-
|
|
f.Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Koherensi penyajian gagasan
|
|
|
|
|
a.KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Materi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kegiatan
d.Pelatihan/tugas
|
Tidak ada salam, sapa dan doa bersama pada pendahuluan
-
|
207, 209, 211, 213, 215, dan 217
-
|
Sebaiknya ada salam, sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan
-
|
|
e.Penilaian
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Kelayakan bahasa
a.Keterbacaan
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Kejelasan informasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang
baik dan benar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien
(jelas dan singkat);
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Fisibilitas implementasi
contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Kelayakan perujukan pada
sumber yang dirujuk
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Kegrafikaan
|
|
|
|
|
a.Lay-out atau tata letak
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Ilustrasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Gambar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Foto
e.Desain tampilan
|
-
|
-
|
-
|
|
f.Identitas/keterangan gambar, dll
|
-
|
-
|
-
|
BAB
IX : INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN
No.
|
Komponen
|
Aspek yang
Belum Layak
|
Halaman
|
Saran
Perbaikan
|
1
|
Kebenaran isi/konsep
|
|
|
|
|
a.Kesesuaian dengan KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Kesesuaian dengan perkembangan peserta didik,
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kesesuaian dengan kebutuhan bahan ajar,
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Kebenaran substansi materi pelajaran,
|
-
|
-
|
-
|
|
e.Manfaat untuk penambahan wawasan,
|
-
|
-
|
-
|
|
f.Kesesuaian dengan nilai moral dan nilai-nilai sosial;
|
-
|
-
|
-
|
2
|
Koherensi penyajian gagasan
|
|
|
|
|
a.KI dan KD
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Materi
|
-Pada pertemuan ke IV sub konsep yang tertulis adalah perpindahan kalor: konduksi dan konveksi
-Pada pertemuan ke V sub konsep yang tertuls adalah radiasi
-Pada pertemuan ke VI sub konsep yang tertulis adalah penyajian tugas proyek.
|
231
234
238
|
Seharusnya ditulis bentuk-bentuk saling
ketergantungan
-Seharusnya ditulis perubahan lingkungan dan pencemaran
lingkungan.
- Seharusnya ditulis Pemanasan global
|
|
c.Kegiatan
d.Pelatihan/tugas
|
Tidak ada salam, sapa dan doa bersama pada pendahuluan
-
|
224, 227, 230, 233, 236, 241, dan
242
|
Sebaiknya ada salam, sapa dan doa bersama pada kegiatan pendahuluan
|
|
e.Penilaian
|
-
|
-
|
-
|
3
|
Kelayakan bahasa
a.Keterbacaan
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Kejelasan informasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Kesesuaian dengan kaidah Bahasa Indonesia yang
baik dan benar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Pemanfaatan bahasa secara efektif dan efisien
(jelas dan singkat);
|
-
|
-
|
-
|
4
|
Fisibilitas implementasi
contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada tingkat SMP
|
-
|
-
|
-
|
5
|
Kelayakan perujukan pada
sumber yang dirujuk
|
-
|
-
|
-
|
6
|
Kegrafikaan
|
|
|
|
|
a.Lay-out atau tata letak
|
-
|
-
|
-
|
|
b.Ilustrasi
|
-
|
-
|
-
|
|
c.Gambar
|
-
|
-
|
-
|
|
d.Foto
e.Desain tampilan
|
-
|
-
|
-
|
|
f.Identitas/keterangan gambar, dll
|
-
|
-
|
-
|
……………….,…………………..
Penelaah buku guru,
………………………………
NIP
No comments:
Post a Comment