Pembelajaran berbasis Masalah (Problem based
Learning ) pertama kali diperkenalkan pada awal tahun 1970 di Universitas Mc
Master Fakultas Kedokteran Kanada.
Langkah-langkah Pembelajaran berbasis masalah:
Fase
|
Indikator
|
Tingkah Laku Guru
|
1
|
Orientasi siswa pada
masalah
|
Menjelasakan tujuan
pembelajaran, menjelaskan logistik yang diperlukan, dan memotivasi siswa
terlibat pada aktivitas pemecahan masalah
|
2
|
Mengorganisasi siswa
untuk belajar
|
Membantu siswa
mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan
masalah tersebut
|
3
|
Membimbing
pengalaman individual/ kelompok
|
Mendorong siswa
untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk
mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah
|
4
|
Mengembangkan dan
menyajikan hasil karya
|
Membantu siswa dalam
merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu
mereka untuk berbagi tugas dengan temannya
|
5
|
Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
|
Membantu siswa untuk
melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses yang
mereka gunakan
|
No comments:
Post a Comment